Al-Habib Muhammad bin Husein al-Aydrus lahir di kota Tarim Hadramaut.
Kewalian dan sir beliau tidak begitu tampak di kalangan orang awam. Namun di
kalangan kaum ‘arifin billah derajat dan karomah beliau sudah bukan hal yang
asing lagi, karena memang beliau sendiri lebih sering bermuamalah dan
berinteraksi dengan mereka.
Sejak kecil habib Muhammad dididik dan diasuh secara langsung oleh ayah beliau
sendiri al-’Arifbillah Habib Husein bin Zainal Abidin al-Aydrus. Setelah
usianya dianggap cukup matang oleh ayahnya, beliau al-Habib Muhammad dengan
keyakinan yang kuat kepada Allah SWT merantau ke Singapura.
Setelah merantau ke Singapura, beliau pindah ke Palembang, Sumatera Selatan. Di
kota ini beliau menikah dan dikaruniai seorang putri. Dari Palembang, beliau
melanjutkan perantauannya ke Pekalongan, Jawa Tengah, sebuah kota yang menjadi
saksi bisu pertemuan beliau untuk pertama kalinya dengan al-Imam Quthb al-Habib
Abu Bakar bin Muhammad as-Seggaf, Gresik. Di Pekalongan jugalah beliau
seringkali mendampingi Habib Ahmad bin Tholib al-Atthos.
Dari Pekalongan beliau pidah ke Surabaya tempat Habib Musthafa al-Aydrus yang
tidak lain adalah pamannya tinggal. Seorang penyair, al-Hariri pernah
mengatakan:
وَحُبِّ البِلَادَ فَأَيُّهَا أَرْضَاكَ فَاخْتَرْهُ
وَطَنْ
Cintailah negeri-negeri mana saja yang menyenangkan bagimu dan jadikanlah
(negeri itu) tempat tinggalmu
Akhirnya beliau memutuskan untuk tinggal bersama pamannya di Surabaya, yang
waktu itu terkenal di kalangan masyarakat Hadramaut sebagai tempat berkumpulnya
para auliaillah. Di antaranya adalah Habib Muhammad bin Ahmad al-Muhdor, Habib
Muhammad bin Idrus al-Habsyi, Habib Abu Bakar bin Umar bin Yahya dan masih
banyak lagi para habaib yang mengharumkan nama kota Surabaya waktu itu. Selama
menetap di Surabaya pun Habib Muhammad al-Aydrus masih suka berziarah, terutama
ke kota Tuban dan Kudus selama 1-2 bulan.
Dikatakan bahwa para sayyid dari keluarga Zainal Abidin (keluarga ayah Habib
Muhammad) adalah para sayyid dari Bani ‘Alawy yang terpilih dan terbaik karena
mereka mewarisi asrar (rahasia-rahasia). Mulai dari ayah, kakek sampai
kakek-kakek buyut beliau tampak jelas bahwa mereka mempunyai maqam di sisi
Allah SWT. Mereka adalah pakar-pakar ilmu tashawuf dan adab yang telah
menyelami ilmu ma’rifatullah, sehingga patut bagi kita untuk menjadikan
beliau-beliau sebagai figur teladan.
Diriwayatkan dari sebuah kitab manaqib keluarga al-Habib Zainal Abidin
mempunyai beberapa karangan yang kandungan isinya mampu memenuhi 10 gudang
kitab-kitab ilmu ma’qul/manqul sekaligus ilmu-ilmu furu’ (cabang) maupun ushul
(inti) yang ditulis berdasarkan dalil-dalil jelas yang hasilnya dapat
dipertanggungjawabkan sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh para pakar dan
ahli (para ashlafuna ash-sholihin).
Habib Muhammad al-Aydrus adalah tipe orang yang pendiam, sedikit makan dan
tidur. Setiap orang yang berziarah kepada beliau pasti merasa nyaman dan senang
karena memandang wajah beliau yang ceria dengan pancaran nur (cahaya). Setiap
waktu beliau gunakan untuk selalu berdzikir dan bersholawat kepada datuk beliau
Rasulullah SAW. Beliau juga gemar memenuhi undangan kaum fakir miskin. Setiap
pembicaraan yang keluar dari mulut beliau selalu bernilai kebenaran-kebenaran
sekalipun pahit akibatnya. Tak seorangpun dari kaum muslimin yang beliau
khianati, apalagi dianiaya.
Setiap hari jam 10 pagi hingga dzuhur beliau selalu menyempatkan untuk
openhouse menjamu para tamu yang datang dari segala penjuru kota, bahkan ada
sebagian dari mancanegara. Sedangkan waktu antara maghrib sampai isya’ beliau
pergunakan untuk menelaah kitab-kitab yang menceritakan perjalanan kaum salaf.
Setiap malam Jum’at beliau mengadakan pembacaan Burdah bersama para jamaahnya.
Beliau al-Habib Muhammad al-Aydrus adalah pewaris karateristik Imam Ali Zainal
Abidin yang haliyah-nya agung dan sangat mulia. Beliau juga memiliki maqam
tinggi yang jarang diwariskan kepada generasi-generasi penerusnya. Dalam hal
ini al-Imam Abdullah bin Alwi al-Haddad telah menyifati mereka dalam untaian
syairnya:
ثبتوا على قـدم النبى والصحب # والتـابعين لهم فسل وتتبع
ومضو على قصد السبيل الى العلى# قدما على قدم بجد أوزع
_Mereka tetap dalam jejak Nabi dan sahabat-sahabatnya
Juga para tabi’in. Maka tanyakan kepadanya dan ikutilah jejaknya_
_Mereka menelusuri jalan menuju kemulyaan dan ketinggian
Setapak demi setapak (mereka telusuri) dengan kegigihan dan kesungguhan_
Diantara mujahadah beliau r.a, selama 7 tahun berpuasa dan tidak berbuka
kecuali hanya dengan 7 butir kurma. Pernah juga beliau selama 1 tahun tidak
makan kecuali 5 mud saja. Beliau pernah berkata, “Di masa permulaan aku gemar
menelaah kitab-kitab tasawuf. Aku juga senantiasa menguji nafsuku ini dengan
meniru perjuangan mereka (kaum salaf) yang tersurat dalam kitab-kitab itu”.
(Diadaptasi dari naskah karangan Habib Syekh Musawa Surabaya