Al-Habib Ali bin Husein Al-Attas, beliau lebih dikenal dengan sebutan
Habib Ali Bungur. Beliau merupakan rantai jaringan Ulama Betawi sampai sekarang
ini. Beliau memiliki jasa yang sangat besar dalam menorehkan jejak langkah
dakwah dikalangan masyarakat Betawi. Beliau menjadi rujukan umat di zamannya,
Al-Habib Salim bin Jindan mengatakan bahwa Al-Habib Ali bin Husein Al-Attas dan
Al-Habib Ali Kwitang bagaikan kedua bola matanya, dikarekan keluasan khazanah
keilmuan kedua habib itu.
Silsilah beliau adalah :
Al-Habib Ali bin Husein bin Muhammad bin Husein bin Ja’far bin Muhammad bin Ali bin Husein bin Al-Imam Al-Qutub Al-Habib Umar bin Abdurrahman Al-Attas bin Agil bin Salim bin Abdullah bin Abdurrahman Assegaf bin Mauladawilah bin Ali bin Alwi Al-Ghuyyur bin Muhammad Al-Faqih Al-Muqaddam bin Ali bin Muhammmad Sahib Mirbath bin Ali Khala’ Qasam bin Alwi bin Muhammad bin Alwi bin ‘Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir bin Isa bin Muhammad An-Naqib bin Ali Al-‘Uraidhi bin Ja’far Ash-Shadiq bin Muhammad Baqir bin Ali Zaenal Abidin bin Husein bin Ali bin Ali Thalib suami Fatimah Az-Zahra binti Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam.
Al-Habib Ali bin Husein bin Muhammad bin Husein bin Ja’far bin Muhammad bin Ali bin Husein bin Al-Imam Al-Qutub Al-Habib Umar bin Abdurrahman Al-Attas bin Agil bin Salim bin Abdullah bin Abdurrahman Assegaf bin Mauladawilah bin Ali bin Alwi Al-Ghuyyur bin Muhammad Al-Faqih Al-Muqaddam bin Ali bin Muhammmad Sahib Mirbath bin Ali Khala’ Qasam bin Alwi bin Muhammad bin Alwi bin ‘Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir bin Isa bin Muhammad An-Naqib bin Ali Al-‘Uraidhi bin Ja’far Ash-Shadiq bin Muhammad Baqir bin Ali Zaenal Abidin bin Husein bin Ali bin Ali Thalib suami Fatimah Az-Zahra binti Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam.
Beliau lahir di Huraidhah, Hadramaut, pada tanggal 1 Muharram 1309 H,
bertepatan dengan 1889 M. semenjak usia 6 tahun beliau belajar berbagai ilmu
keislaman pada para ulama dan auliya yang hidup di Hadramaut saat itu,
sebagaimana jejak langkah generasi pendahulunya, seelah mendalami agama yang
cukup di Hadramaut, pada tahun 1912 M beliau pergi ke tanah suci unuk
menunaikan haji serrta berziarah ke makam datuknya Rasulullah shalallahu
‘alaihi wasalam di Madinah. Disana beliau menetap di Makkah. Hari-hari beliau
dipergunakan untuk menimba ilmu kepada para ulama yang berada di Hijaz. Setelah
4 tahun (tak banyak sejarawan yang menulis bagaimana perjalanan beliau hingga
kemudian tiba di Jakarta) setelah menetap di Jakarta, beliau berguru kepada
para ulama yang berada di tanah air,diantaranya : Al-Habib Abdullah bin Muhsin
Al-Attas (Empang-Bogor), Al-Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas
(Pekalongan) dan Al-Habib Muhammad bin Idrus Al-Habsyi (Surabaya), Al-Habib
Muhammad bin Ahmad Al-Muhdhor (Bondowoso).
Di daerah Cikini beliau tinggal, sebuah kampung yang masyarakatnya hidup
dibawah gais kemiskinan. Beliau tinggall bersama-sama rakyat jelata. Setiap
orang mengenal Habib Ali, pasti akan berkata “hidupnya sederhana,tawadhu’,teguh
memegang prinsip, menolak pengkultusan manusia, berani membela kebenaran, luas
dalam pemikiran, mendalam di bidang ilmu pengetahuan, tidak membeda-bedakan
yang kaya dan yang miskin, mendorong terbentuknya Negara Indonesia yang
bersatu, utuh serta berdaulat, tidak segan-segan menegur para pejabat yang
mendatanginya dan selalu menyampaikan agar jurang antara pemimpin dan rakyat
dihilangkan, rakyat mesti dicintai,”hal inilah yang menyebabkan rakyat
mencintai Al-Habib Ali bin Husein Al-Attas, beliau tidak pernah menadah
tangannya kepada orang-orang kaya harta, sebab beliau memiliki kekayaan hati,
beliau tidak mau menengadahkan tangannyadibawah, kecuali hanya memohon kepada
Rabbul ‘Alamin. Beliau memiliki ketawakalan yang tinggi kepada Allah azza wa
jalla. Beliau selalu mengorbankan semangat anti penjajah dengan membawakan
ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits Nabi shalallahu ‘alaihi wasalam yang
menganjurkan melawan penjajah. “Penjajah adalah penindas, kafir dan wajib
diperangi” begitulah yang sering beliau ucapkan. Beliau tergolong pejuang yang
anti komunis. Pada masa pemberontakan PKI, beliau selalu mengatakan bahwa “PKI
dan komunis akan lenyap dari bumi Indonesia dan rakyat akan selalu melawan
kekuatan atheis. Ini berkah perjuangan para ulama dan auliya yang jasadnya
bertebaran di seluruh nusantara”.
Semasa hidupnya beliau tidak pernah berhenti dan tak kenal lelah dalam
berdakwah. Salah satu karya terbesar beliau adalah kitab Tajul A’ras fi Manaqib
Al-Qutub Al-Habib Sholeh bin Abdullah Al-Attas, sebuah kitab sejarah para ulama
Hadramaut yang pernah beliau jumpai, dari masa penjajahan Inggris di Hadramaut,
sehingga sekilas perjalanan para ulama Hadramaut di Indonesia. Buku itu juga
berisi tentang beberapa kandungan ilmu tasawuf dan Thariqah Alawiyah. Semasa
hidupnya beliau selalu berjuang membela umat, kesederhanaan serta istiqomahnya
dalam mempraktekkan ajaran islam dalam kehidupan sehari-hari menjadi taulan
yang baik bagi umat. Beliau selalu mengajarkan dan mempraktekkan bahwa islam
mengajak umat dari kegelapan pada cahaya yang terang, membawa dari taraf
kemiskinan kepada taraf keadilan dan kemakmuran dan beliau pun wafat pada
tanggal 16 Februari 1976, jam 06:10 pagi dam usia 88 tahun dan beliau
dimakamkan di pemakaman Al-Hawi, condet Jakarta timur.